Minggu, 27 Desember 2015

Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kemajuan Bangsa Indonesia



Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan.
Pada zaman sekarang ini terutama memasuli abad ke 21 perkembangan teknologi terasa luar biasa terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi. Walaupun tujuan utama iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Perkembangan iptek terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya pada waktu singkat. Dari berkembangnya teknologi informasi komputer yang pesat ini, peran serta masyarakat sangat besar dari perkembangannya. Masyarakat diseluruh dunia telah mampu berinteraksi dan memperoleh informasidalam waktu singkat berkat teknologi komunikasi dan informasi yang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa.
Perkembangan teknologi tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya. Teknologi sendiri dapat muncul dari ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dari zaman ke zaman. Namun, pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembentukan budaya mempunyai dampak positif maupun negatif.
Berbagai informasi yang terjadi diberbagai dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Tentu kemajuan teknologi ini menyebankan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yangbegitu besarterhadap transformasi nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat. Baik masyarakat perkotaan maupun perdesaan.
Namun apakah dengan segala perkembangan teknologi di segala sektor mampu memajukan bangsa Indonesia ? Permasalahannya adalah sebagian besar negara maju merupakan negara dengan pemanfaatan tekonogi yang sangat baik. Seperti Jepang, Amerika, ataupun negara Uni Eropa merupakan negara yang mampu mengelola teknologi di sektor yang tepat, sehingga teknologi buatan mereka dapat dijual ke negara lain atau pengelolaan sumber daya dapat dikelola dengan maksimal, sehingga pundi-pundi yang didapat sangat besar untuk membangun negaranya sendiri.
Sesungguhnya jika Indonesia memanfaatkan sumber daya dengan maksimum, bukan tidak mungkin Indonesia menjadi salah satu negra terkaya di dunia. Itu dikarenakan banyaknya cadangan minya dan gas, logam mulia, ataupun olahan laut yang melimpah di Indonesia. Sayangnya, pemerintah tidak memanfaatkan sumber daya tersebut dengan baik dikarenakan kurangnya teknologi yang dipakai, insinyur ahli, dan penyuluhan penggunaan teknologi ke masyarakat terpencil. Akibatnya minyak dan gas harus impor negara tetangga diakibatkan kurangnya kilang minyak, logam mulia yang diambil alih asing arena tidak ada orang Indoensia yang mampu mengolahnya, atau hasil olahan laut yang diambil dengan cara tradisional, sehingga hasil olahan laut yang didapat tidak maksmal.   
Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari. Tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini dapat memajukan negara kita dan mampu bersaing dengan negara lain di dunia


Elly M Setiadi. Dkk, 2006, Ilmu Sosial Budaya Dasar, Jakarta : Prenadamedia
Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar