Jumat, 24 Maret 2017

Ekologi dan Ilmu Lingkungan

Ekologi
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan mahluk hidup dengan komponen sekitarnya. Ekologi sebenarnya mempertanyakan tentang berbagai hal seperti :
1. Bagaimana alam bekerja
2. Bagaimana spesies beradaptasi dalam habitatnya
3. Apa yang diperlukan dari habitatnya untuk melangsungkan kehidupan
4. Bagaimana mereka mencukupi materi dan energi
Ekologi merupakan disiplin baru dari biologi yang merupakan mata rantai fisik serta proses biologi yang menjembatani antara ilmu alam dan ilmu sosial. Tahun 1900, ekologi menjadi acuan ilmu-ilmu lainnya, yang wajib diketahui, karena dapat menerangkan, memberikan ilham, mencari jalan menuju hidup layak. Setelah 1968, timbul kesadaran lingkungan di seluruh dunia, dimana setiap orang dituntut untuk hemat dalam penggunaan sumber daya, hemat energi, dan dapat mengurangi pencemaran tanah, air, udara, yang merupakan masalah lingkungan sedunia (globalisasi lingkungan). Setelah ada gerakan sadar lingkungan, maka setiap orang mulai memikirkan : masalah pencemaran, rusaknya daerah-daerah alami, hutan, pantai, meningkatnya perkembangan penduduk, yang berdampak pada masalah utama yaitu kerusakan ekosistem
Ekosistem terbentuk oleh komponen hidup dan tidak hidup, yang berinteraksi dalam suatu tempat sebagai suatu kesatuan yang teratur. Keteraturan ekosistem terjadi oleh adanya arus materi, energi, dan informasi. Komponen-komponen dalam ekosistem menunjukkan bahwa, ekosistem tersebut berada dalam suatu keseimbangan tertentu. Keseimbangan tersebut sifatnya tidak statis, namun dinamis, selalu berubah, dapat besar atau kecil, dapat terjadi secara alami atau dibuat oleh manusia. Akuarium dapat dianggap sebagai ekosistem, dimana ikan, air, tumbuhan air, pasir, plankton, mineral, dan oksigen terlarut merupakan komponen ekosistem. Hutan luas dengan tumbuhan tinggi, rendah, tumbuhan perdu, hewan danau, ada suatu keteraturan yang seimbang dalam ekosistem tersebut
Oleh karena itu agar ekosistem yang telah ada tidak rusak, penting rasanya untuk mempelajari ilmu lingkunganIlmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari penerapan berbagai prinsip dan ketentuan ekologi di dalam kehidupan manusia. Penerapannya pada masa kini diperlukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang makin kompleks di masa modern. Selain itu tujuannya agar manusia mampu mengembangkan teknologi terbarukan yang mampu mengurangi pencemaran lingkungan dan ekosistem.

Kesimpulan dan saran

Berdasarkan penjelasan tersebut didapat bahwa dengan perkembangan ilmu lingkungan, manusia seharusnya mampu mengurangi pencemaran ekosistem dan lingkungan. Dengan perkembangan zaman yang serba modern, sebaiknya manusia sadar bahwa lingkungan ekosistem harus dipelihara dan dijaga agar generasi berikutnya mampu menikmati lingkunganya tanpa pencemaran yang mampu membahayakan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar